Dengar Letusan, Warga Sekitar Gunung Sinabung Panik

Medan - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung kembali memicu kepanikan warga Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Pada Jumat (25/10/2013) malam gunung itu bergemuruh dan meletus.

Warga Desa Kuta Rayat, Kecamatan Naman Teran, Muhammad Y. Sitepu menyatakan gunung itu meletus, sekitar pukul 21.20 WIB. Tapi mereka tidak bisa memastikan seperti apa letusan itu, karena kabut tebal dan gelap malam.

"Kita sudah bingung ini bagaimana. Sudah meletus lagi, dan warga mulai bersiap untuk mengungsi," kata Sitepu.

Letusan itu, kata Sitepu, menyebabkan abu vulkanik bertebaran di udara. Perkampungan yang berada di sekitar gunung sudah rata terkena abu vulkanik.

Seorang warga lainnya yang berasal dari Desa Kuta Gugung, juga Kecamatan Naman Teran menyatakan, warga sudah sejak pukul 19.00 WIB mendengar gemuruh di puncak gunung. Tapi tidak bisa memastikan di kawah yang mana sumber gemuruh.

"Kita tentu khawatir, karena suara gemuruhnya kuat. Lebih kuat dibanding sebelumnya," kata Sembiring.

Hanya saja Sembiring masih belum memutuskan untuk mengungsi. Dia bersama keluarga masih bertahan, menunggu sikap dan keputusan pemerintah setempat.

"Kalau memang mereka bilang mengungsi, kita mengungsi. Masalahnya, tidak ada orang yang ahli di sini yang bisa menjelaskan kepada warga bagaimana situasi gunung ini sebenarnya. Inilah masalah kita," kata Sembiring.



epsilon

0 komentar:

Om swastyastu

Copyright © 2012 SANKARACARYA .