Cara Install Android 4.3 (Jelly Bean) Ke PC/Netbook/Laptop Dual Boot dengan Windows

Setelah android 4.3 Jelly Bean rilis resmi. Tak lama kemudian Port untuk platform x86 atau varian PC/Netbook/Laptop pun juga ikut muncul di situs Android-x86.org, Versi yang ada adalah versi testing. Dan untuk versi 4.3 ini adalah versi universal jadi bisa untuk semua laptop. Untuk platform yang disupport adalah Intel Chipset dan beberapa varian AMD. Versi 4.3 ini juga sudah include ARM libraries, jadi beberapa aplikasi berbasis ARM bisa dijalankan.
Oke langsung saja, Unduh saja iso 4.3 yang ada di android-x86.org, sengaja tidak diberikan direct link, karena sewaktu-waktu link bisa dihapus (status testing).

Unduh, unetbootin:
http://unetbootin.sourceforge.net

Buat partisi ext4 atau ext3 dengan easeus partition manager (tutorial googling aja di inet).
http://www.partition-tool.com

Lalu buat Live USB.(dengan software unetbootin)
Setelah itu Boot melalui PC.

Warning:Lanjutkan dengan resiko anda sendiri.

Jika sudah yakin instalasi ke HDD, langsung saja pilih Installation Android-x86 to Harddisk.


Setelah anda membuat partisi ext3 di easeus partition manager, pilih yang ada label linuxnya untuk instalasi, jangan yang win95 atau FAT32, jika nekad ya hanguslah windows anda.


Lalu pilih ext3 untuk di format


 Jika sudah yakin klik yes saja untuk melanjutkan.

 
Selanjutnya install bootloader, untuk windows 7 sudah otomatis terdeteksi di grub. Jadi bisa dual boot langsung.


Jika system anda ingin dapat dimodifikasi dengan system operasi lain (linux atau windows via ext2read), maka buat system read-write.



Jika sudah lanjutkan saja untuk proses instalasi, jika sudah selesai reboot, dan pilih android 4.3 di menu grub. Dan selamat menikmati android 4.3 di platform x86.

Dalam contoh ini saya menggunakan Toshiba Portege M600, dan android 4.3 berjalan dengan sangat smooth, selain itu beberapa aplikasi yang hanya berjalan di arsitektur arm, dapat berjalan sempurna di x86 ini walau tidak semuanya.

Oke berikut adalah snapshot dari mesin laptop saya.







Bagaimana ulasan atau reviewnya:
Karena android 4.3 ini masih versi testing untuk platfrom x86, maka kejadian Force close, hang di mesin-mesin tertentu akan mungkin terjadi, walau di mesin untuk saya ngetest kejadian itu sangat jarang terjadi. Untuk performa tergantung mesin yang digunakan, di mesin core2duo bisa sampai 19ribuan antutunya, sempet juga mengetest antutu di Core i3, tembus 50ribu untuk antutu. Dan untuk x86 aplikasi benchmark system baru antutu yang berjalan stabil, quadrant masih force close.

Di Core i3 :D



Untuk Videonya Bisa dilihat disini. Dengan latar suara pedesaan pas mudik lebaran. :lol:

Ok Semoga berguna, selamat mencoba android-x86 4.3 di pc anda.
:D

epsilon

0 komentar:

Om swastyastu

Copyright © 2012 SANKARACARYA .