Mengapa Berhadapan dengan Orang yang Ditaksir Membuat Gugup?

Kita semua mungkin pernah mengalami momen di mana lidah seperti kelu dan bingung mau bicara apa di depan seseorang yang kita taksir. Atau kita justru mengatakan sesuatu yang membuat kita seperti orang bodoh akibat rasa gugup tadi.

Ternyata ada penjelasan ilmiah mengapa saat berhadapan dengan seseorang yang kita sukai bisa membuat kita gugup. Salah satu sebabnya adalah respon kimia dalam tubuh yang hampir sama dengan saat seseorang menggunakan obat terlarang. 

Berhadapan dengan orang yang ditaksir bisa mmebuat tubuh melepaskan hormon dopamin, adrenalin, serotonin, estrogen, bahkan testosteron. Kombinasi semua hormon ini akan membuat kecerdasan dan juga kepercayaan diri seolah lenyap. 

Reaksi hormon-hormon tersebut juga akan mengganggu kemampuan kita berbicara. Bukan hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa respon zat kimia dalam otak bisa membuat kita berpikir bahwa kita memiliki banyak kesamaan dengannya dibanding yang sebenarnya.

Namun tentu saja efek terbesar dari kesukaan yang besar terhadap seseorang bisa menyebabkan kita merasa stres, takut, bahkan cemas. Emosi yang campur aduk tersebut menurut para ilmuwan disebabkan karena produksi hormon yang over aktif tadi.

0 komentar:

Om swastyastu

Copyright © 2012 SANKARACARYA .