Tata Kota Bandar Lampung


Tata Kota Bandar Lampung
Yang Indah Dan Terencana

Dari judul diatas mungkin orang akan bingung tentang keindahan tata kota yang seperti apa dikota Bandar lampung, padahal jika dilihat sekilas Bandar  lampung tidak mempunyai perencanaan dan tata kota yang indah ataupun terencana, dan jika dilihat secara langsung mungkin akan mengatakan kota Bandar lampung sebagai kota yang biasabiasa saja tampa memiliki tata kota yang istimewa.
Kalaupun orang ada yang berpendapat seperti itu wajar saja, karena pada kenyataan dilapangan tata kota Bandar lampung memang seperti dibahas diatas. Tapi yang perlu dicatat dan dipahami pernyataan itu mungkin benar, tapi dulu sekitar 2 atau tiga tahu yang lalu. Dan sekarang pendapat tentang tata kota Bandar lampung yang biasa-biasa itu tidak benar.
Bandar lampung sekarang dibawah pimpinan Walikota bapak Edy Sutrisno berbeda dengan Bandar lampung yang dulu. Jika orang-orang dulu bisa mengatakan tata kota Bandar lampung yang biasa, mungkin sekarang akan mengatakan sebaliknya, yaitu lusr biasa.
Bandar lampung saat ini mempunyai perencanaan yang sangat matang dan terencana dalam tata kota, hal ini bertujuan agar Bandar lampung yang saat ini sudah menjadi kota metropolitan bisa menjadi kota yang mempunyai penataan kota yang indah, rapi, bersih, aman, nyaman dan serta mempunyai cirri khas yang bisa mendatangkan wisatawan dari luar daerah lampung maupun luar Indonesia untuk dating dan melihat keindahan kota Bandar lampung.
Adapun program penataan yang direncanakan oleh pemerintahan kota Bandar lampung dalam mewujudkan tata kota Bandar lampung yang indah ada enam macam rencana. Yaitu:
1.    Water front city (WFC),
2.    Pengembangan pariwisata,
3.    Penataan pasar,
4.    Penataan transportasi,
5.    Ruang terbuka hijau, dan
6.    Pengendalian banjir.
Ke enam poin diatas adalah rencana pengembangan tata kota di Bandar lampung. Rencana diatas diwujudkan oleh pemerintah kota Bandar lampung dengan bertahap.  Pada  saat ini pemerintah kota Bandar lampung sedang dalam  pengerjaan proyek  diatas.
Adapun salah satu proyek yang sedang dalam pengerjaan pemerintah kota Bandar lampung adalah Water Front City (WFC). Water front city merupakan suatu proyek tata kota yang bertujuan untuk menata dan memperindah kawasan kota Bandar lampung khususnya kawasan pesisir dan pantai. Proyek water front city selain bertujuan untuk menata kawasan pesisir agar lebih rapi dan indah juga berfungsi untuk menarik wisatawan dan juga pengunjung yang datang ke provinsi lampung. Karena kita tau proyek water front city berada dikawasan pantai yang nantinya jika sudah berhasil akan menjadi kawasan wisata pantai yang indah, bahkan akan menjadi andalan pariwisata pantai diwilayah Indonesia bagian barat.
Selain program water front city proyek penataan kota yang masih berlangsung pengerjaannya adalah penataan pasar dikota Bandar lampung. Penataan kota di Bandar lampung berfungsi untuk menata  pasar agar teratur, rapi, indah dan menjadi tempat yang nyaman untuk dipandang dan dikunjungi bagi siapapun, baik masyarakat golongan apapun. Selain itu penataan pasar juga berfungsi untuk menempatkan pedagang-pedagang kaki lima agar tidak berdagang sembarangan dan semrawut. Disini pemerintah kota Bandar lampung merehabilitasai dan memperbaiki kondisi pasar-pasar yang ada di Bandar lampung agar lebih rapih dan teratur dan juga agar pedagang kaki lima mau berdagang ditempat atau dipasar yang telah disediakan oleh pemerintah, karena jika pedagang kaki lima berjualan dan berdagang dipasar yang disediakan oleh pemerintah kota Bandar lampung maka hal tersebut akan bisa membuat kawasan kota Bandar lampung lebih rapid an indah, terutama dijalan-jalan yang biasa dijadikan tempat berjualan pedaganf kaki lima.
Program penataan kota Bandar lampung yang masih bergulir saat ini adalah pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung majunya sektor pariwisata dikota Bandar lampung. Pembangunan dan perancanaan tata kota Bandar lampung saat ini juga ditujukan untuk menunjang pariwisata, karena  pariwisata merupakan sektor yang sangat penting bagi kota Bandar lampung. Sektor pariwisata dibangun agar banyak wisatawan banyak yang berkunjung ke kota Bandar lampung sehingga bisa menambah devisa dan juga  menambah pendapatan bagi kota Bandar lampung.
Diatas adalah program-program yang direncanakan untuk menata kawasan kota Bandar lampung agar lebih indah, rapi dan juga terencana pembangunannya. Pemerintah saat ini sedang berusaha mewujudkan kota Bandar lampung yang tamemiliki tata kota yang terencana.
Salah satu bukti dari keberhasilan penataan kota Bandar lampung adalah dengan didapatnya penghargaan adipura dari pemerintah pusat untuk kota Bandar lampung sebagai kota terbersih di Indonesia.
Dengan didapatkannya adipura oleh kota Bandar lampung adalah sebagai bukti kuatnya komitmen yang dijalankan oleh pemerintah kota Bandar lampung agar menjadi kota yang bersih dan juga indah. Pemerintah telah  membuktikan keberhasilannya dalam membangun dan menata Bandar lampung, karena sebelumnya Bandar lampung merupakan kota dengan predikat kota terkotor di Indonesia, tapi dengan usaha keras  pemerintah kota Bandar lampung menata saat ini, kota Bandar lampung bisa menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia.
Selain program-program diatas masih manyak program lain yang digalakkan oleh pemerintah kota Bandar lampung untuk menata kota Bandar lampung, kita sebagai warga Bandar lampung harus mendukung program tersebut agar bisa berjalan dengan baik, dan Bandar lampung bisa maju.

0 komentar:

Om swastyastu

Copyright © 2012 SANKARACARYA .